Apa itu OVA, OAV, OAD, ONA dan Episode Spesial ?

Pengertian dan Perbedaan OVA, OAV, OAD, ONA dan Episode Spesial

Pada umumnya sebuah seri televisi anime tayang setiap minggu pada season tayang, 1 season rata-rata sebanyak 12 episode. Tapi terkadang ada episode khusus yang mempunyai embel embel OVA. Muncullah pertanyaan apa arti OVA? Selain itu ada juga OAD, OAV, ONA ataupun episode spesial. Ingin tahu pengertian dan perbedaan semuanya? Check this out!

OVA = Original Video Animation

Menurut Wikipedia, Pada awalnya lebih populer dengan nama OAV tapi akhirnya berganti menjadi OVA karena AV terlau lekat dengan Adult Video. Seperti kita semua ketahui Jepang sangat lekat dengan industry ini, JAV. AV juga terkenal sebagai Audio/Visual.
Sedangkan menurut Yoshiharu Tokugi (penulis terkenal dari Dirty Pair, Macross dan Power Rangers). OVA dan OAV itu sedikit berbeda tapi intinya sama yaitu anime yang ditujukan langsung ke masyarakat. 
  • OVA adalah istilah industri yang digunakan untuk membedakan antara anime yang dibuat untuk disiarkan di televisi/ bioskop dan anime yang diedarkan langsung ke masyarakat sebagai home video.
  • OAV adalah istilah marketing yang menjelaskan bahwa anime tersebut bukanlah hasil recap ataupun enchanted version dari anime yang telah tayang di televisi/ bioskop. 
Simpelnya OVA dan OAV adalah episode anime yang tidak pernah tayang di televisi seperti episode anime biasa, tapi langsung dirilis ke masyarakat sebagai home video. Kita paling sering melihat OVA dijual bersama dengan versi manga dari judul anime. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan penjualan manga. Contoh adalah OVA kedua dari Nanatsu No Taizai adalah bonus dari manga volume 16 dan OVA pertama Akatsuki No Yona merupakan bonus manga volume 19. OVA ini dirilis dalam bentuk DVD saja. Jenis ini sering disebut dengan OAD (Original Anime DVD). Selain pada kasus manga, OAD juga digunakan sebagai promosi berbagai produk seperti Light Novel, video game, pariwisata dll
Apa arti OVA, OAV, OAD, ONA
Saya yakin banyak teman teman pecinta anime yang sudah menonton OVA. Uniknya banyak OVA yang hanya berisi fanservice seperti mandi di pemandian air panas, jalan jalan di pantai dll.

Cerita dari OVA terkadang merupakan sekuel, spin-off ataupun sekedar filler berupa side story dari anime yang sudah berhenti tayang. OVA sering digunakan untuk menjaga minat dan antusiasme fans terhadap sebuah anime. Contoh saja OVA dari Haikyuu!! yang dirilis di antara season pertama dan kedua. Penonton yang tidak sabar menunggu season kedua dapat sedikit terpuaskan dengan satu episode OVA.

Terkadang cerita OVA menjelaskan beberapa bagian cerita dari anime yang sudah selesai tayang namun masih menganjal di benak para fans. Melihat masih tingginya minat akhirnya dibuat lagi OVA untuk memberikan pemahaman cerita. Contoh: Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April), OVA menceritakan persaingan di masa kecil ketiga pianis, kisah ini tidak pernah dijelaskan mendalam pada seri utama.

Ada juga OVA benar benar original yang mengadaptasi semua cerita dari sebuah manga. Bedanya dengan anime pada umumnya adalah kalau anime biasa itu tayang setiap minggu saat season tayang, pada kasus OVA biasanya jarak satu episode ke episode selanjutnya cukup lama. Contohnya adalah Aki-Sora.

OVA dapat digunakan pula untuk menguji besar minat masyarakat terhadap sebuah anime. Setelah melihat tingginya minat, barulah mereka membuat seri televisi ataupun movie, contohnya pada kasus Tenchi Muyo!. Awalnya cuma sebuah OVA, tapi kemudian dibuat versi seri televisi, 3 seri movie dan beberapa spin-off. Namun di sisi lain jika minat masyarakat kurang, anime OVA akan terlupakan. Contoh Nozoki Ana yang hanya berakhir dengan 1 episode dan mereka membuat project lain berupa Live Action Nozoki Ana.

Dari fakta fakta di atas dapat disimpulkan bahwa pembuatan OVA itu lebih ke urusan bisnis juga, Money Oriented.

OAD = Original Anime DVD

Seperti saya tuliskan di atas OAD itu salah satu bentuk OVA yang dirilis dalam bentuk DVD.Hampir sama seperti OVA , OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser Disc, CD dan kemudian DVD. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, istilah OVA tetap lebih populer digunakan.

ONA = Original Net Anime

Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming. Contoh:  K-On: Ura On! dan The Melancholy of Suzumiya Haruhi-chan.
ONA adalah anime original yang tidak pernah tayang di televisi. Biasanya digunakan sebagai promosi untuk produk produk tertentu, perayaan anniversary ataupun sekedar karya fans. ONA bisa dirilis di official website ataupun situs share video layaknya Youtube. Contoh Monster Strike yang dirilis di youtube. Anime ini digunakan sebagai promosi game Monster Strike ataupun Q Transformers: Kaettekita Convoy no Nazo yang dibuat sebagai anniversary ke-30 dari game Nitendo The Transformers: Mystery of Convoy. Terkadang ada juga ONA yang berisi Trailer dan Preview dari sebuah seri televisi anime.
Pengertian Perbedaan OVA, OAV, OAD, ONA

Episode Spesial

Selain OVA, OAD, dan ONA masih ada seri Spesial yang merupakan episode tambahan anime utama. Episode ini hanya berdurasi beberapa menit yang biasanya menampilkan karakter dalam bentuk chibi. Cerita dari episode spesial menjelaskan beberapa hal yang tidak sempat disinggung di seri utama, terkadang hanya lucu-lucuan. Episode spesial tayang pada waktu yang berdekatan dengan jadwal seri utama. Contohnya episode spesial dari Overlord.

Nb: gak semua Anime versi OAD, ONA, dan OVA memiliki jalan cerita yang sama dengan seriesnya, dan ada juga anime yang hanya ada dalam format OAD, ONA, dan OVA saja!

Gimana, dah pada paham kan???
semoga bermanfaat yah….Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan “Apa perbedaan OVA, OAV, OAD, ONA dan spesial?”  Arigatou!
Title: Apa itu OVA, OAV, OAD, ONA dan Episode Spesial ?
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by ricky