Cara Encoding Menggunakan MeGUI

Cara me-encode video ( mengecilkan ukuran video yang besar)


jenis : Tutorial
sumber : cyserrex

sering  kali jika kita membuat video entah dengan menggabungkan beberapa foto jadi satu dengan menggunakan aplikasi video creator yang beredar dan kita gunakan, atau merekam menggunakan Ponsel, Smartphone, HD Cam. Sering kali ukurannya sangat besar atau tidak sebanding dengan film HD yang kita download dari situs penyedia film seperti exianime ini

Pada kesempatan kali ini exianime akan berbagi Cara Encoding atau Convert Video Menggunakan MeGUI.  namun cara ini sedikit berbeda. MeGUI sendiri adalah aplikasi Open Source gratis untuk memproses dan mengkonversi video dan file audio menjadi satu kesatuan. Aplikasi ini mengerjakan barisan tugas Anda secara efisien dengan hasil berkualitas tinggi dan mendukung sebagian besar format media yang dapat Anda temukan saat ini seperti MKV, MP4. Dengan menggunakan MeGUI, kita dapat mengconvert sebuah video menjadi berukuran lebih kecil tanpa mengurangi kualitas video tersebut secara drastis.

MeGUI dapat mengconvert (lebih tepatnya encode) video yang kita misalkan video tersebut berukuran 100MB, dengan MeGUI kita dapat membuatnya menjadi 10MB. Benar-benar kecil kan?
Tetapi dalam penggunaan MeGUI haruslah dengan perkiraan yang wajar. Misalkan lagi video berukuran 500MB, kita setting pada MeGUI dengan ukuran 30MB. Maka MeGUI akan error, karena terlalu kecil dalam ukuran yang mana berbanding lurus dengan banyaknya FPS (bukan First Person Shooting :D tetapi Framerate Per Second)

1. Download terlebih dahulu MeGUI bisa di Sourceforge atau Filehippo.
2. Setelah di extract atau di install. Jalankan MeGUI (Jika anda meggunakan Windows 8, pastikan Run As Administartor)
3. Pertama kali membuka, biasanya akan menampilkan Update. Klik saja Update.
4. Setelah update, tutup MeGUI. Kemudian buka kembali
5. Siapkan:

6. Setelah semua di taruh sesuai directory MeGUI (allprofiles untuk Encoder Settings, dan tools\eac3to untuk NeroAACCodec dan dengan Enable NeroAACEncod lalu Save) seperti gambar dibawah ini

7. Untuk Encoder Setting, pilih lah "x264: blablabla" (sesuai kebutuhan).

8.  Pada Tools klik AVS Script Creator (atau tekan CTRL+R)
9. Pada Video Input. Pilih video yang akan di encode

10. Pilih File Indexer


11. Klik Queue. Dan tunggu beberapa saat


12. Sekarang video telah terinput. Dan disini kita dapat mengatur

-reolusi video
centang box "Resize" dan atur sesuai selera



13. Klik Auto Encode 


14.-
Container (Format Video)
kita dapat memilih formatnya menjadi mp4 atau mkv, sesuai selera, saya merekomendasikan mkv karna lebih bagus.

- Splitting (Membagi-bagi video menjadi beberapa bagian). Name of output (Keluaran video akan tersimpan pada directory tersebut). File Size (Ukuran video jika sudah di encode, sesuaikan, misal 40% dari ukuran video sebenarnya dan juga resolusi video harus kecil dari video sebenarnya jika ingin lebih akurat). 
keterangan : semakin kecil ukurannya semakin buram gambarnya jadi kalau mau me-encode harus sesuai tidak berlebihan dari 1 GB menjadi 10 MB.
-jika itu video dari Kamera apa saja misal Handphone atau HD Cam anda bisa mengecilkan ukurannya sesuai dengan ukuran film yang anda download . misal Film durasi 2 jam ukurannya 800mb, dan film 2 jam yang ukurannya di hasil rekaman anda berukuran 5 GB anda bisa menjadikan patokan 800mb sebagai nilai terendah.

jika sudah Klik Queue

15. Tunggu hingga proses encode selesai. Biasanya memakan waktu selama kurang lebih sejam, sesuai ukuran video / kecepatan processor anda.



Agak rumit ya? Jika video telah terencode dengan benar akan menghasilkan video yang kita inginkan dengan ukuran file sekecil mungkin.


kritik, saran, pertanyaan. silahkan beri komentar di bawah ini

*pintar-pintar lah kalau menggunakan software, jangan asal langsung mencari tutorial apabila tidak mengerti satu cara, coba-coba lah smuanya satu per satu dan baca tulisan yang ada di software tersebut.
untuk mengerti harus pintar berbahasa inggris dan menggunakan istilah-istilah dalam komputer

Baca juga Cara Encoding 10bit Menggunakan MeGUI disini
Title: Cara Encoding Menggunakan MeGUI
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by ricky